DESKRIPSI MATA KULIAH

Deskripsi Mata Kuliah Program Doktor (S3) Ilmu Lingkungan

ILP 91101 – Filsafat Ilmu dan Isu-isu Kontemporer

Mengadakan analisis kritis mengenai kegiatan ilmiah dan struktur ilmu agar diperoleh pemahaman yang tepat mengenai kegiatan ilmiah dan struktur ilmu pengetahuan agar diperoleh pemahaman yang tepat mengenai kemampuan dan relevansi pendekatan ilmiah, wawasan yang luas mengenai kedudukan dan tanggung jawab ilmu pengetahuan dalam kehidupan masyarakat. Mengkaji cara-cara yang ditempuh di dalam ilmu dengan pemilihan metode sesuai obyek studi serta mengkaji peranan fakta dan nilai dalam ilmu pengetahuan dan memperoleh pemahaman kaitan antara teori dan metode dalam berbagai disiplin ilmu.

ILP 91102 – Etika Lingkungan

Teori etika lingkungan : antroposentrisme, bisentrisme, ekosentrisme, hak-hak azasi ala, ekofeminisme, prinsip-prinsip etika lingkungan; etika lingkungan dan politik lingkungan, kearifan tradisional; ekosfir, dan ekosistem; spesies dan budaya; tanggung jawab individu, kelompok, dunia usaha.

ILP 91103 – Sosio Ekonomi Lingkungan

Prinsip eksternalitas dan kerugian akibat kerusakan atau pencemaran lingkungan dan sistem sosial kemasyarakatan akibat kegiatan pembangunan diterjemahkan ke dalam variabel-variabel biaya lingkungan melalui pendekatan ekonomi lingkungan.

ILP 92104Ekologi Ekosistem Lahan Basah

Batasan dan klasifikasi lahan basah, batasan dan ruang lingkup lahan basah, manfaat ekonomi lahan basah, atribut-atribut lahan basah, ancaman terhadap lahan basah, faktor-faktor di lahan basah, lahan basah di Indonesia, kawasan laut, muara, sungai dan danau, rawa, dan lahan basah buatan.

ILP 92105 – Ekosistem dan Keanekaragaman Hayati

Tipologi Ekosistem, Konsep keanekaragaman hayati dan ruang lingkup keanekaragaman hayati, keanekaragaman genetik dan keanekaragaman spesies, kepunahan spesies: penyebab kepunahan spesies dan spesies-spesies yang terancam punah, habitat dan ekosistem: klasifikasi habitat global, keanekaragaman hayati dan perubahan iklim global, manfaat dan nilai ekonomi dari keanekaragaman hayati, manajemen keanekaragaman hayati: instrument dan kebijakan nasional dan internasional tentang konservasi keanekaragaman hayati, konservasi keanekaragaman hayati: praktek-praktek konservasi keanekaragaman hayati dan konvensi keanekaragaman hayati.

ILP 92206 – Rekayasa Ekologi dan Restorasi Ekosistem

Rancangan suatu ekosistem berkelanjutan (sustaibale ecosystems) yang memadukan masyarakat manusia dengan lingkungan alaminya untuk tujuan keuntungan bersama. Melibatkan kreasi dan restorasi ekosistem berkelanjutan yang memiliki nilai kemanusiaan dan alami. Rekayasa ekologi menggabungkan ilmu dasar dan ilmu terapan untuk restorasi, merancang dan membangun ekosistem akuatik dan tersterial. Sasaran utama rekayasa ekologi adalah (1) restorasi ekosistem yang secara berkelanjutan telah mengalami kerusakan oleh aktivitas manusia seperti pencemaran lingkungan atau kerusakan lahan dan (2) mengembangkan ekosistem berkelanjutan baru yang memiliki nila-nilai kemanusiaan dan ekologis. Restorasi ekologi adalah mengembalikan ekosistem kira-kira mendekati kondisi sebelum kerusakan.

ILP 92207 – Ekoplaning dan Permodelan Lingkungan

Pengertian ecoplaning, ilustrasi dan diskusi dengan kasus perubahan ecoplaning, pengantar pemodelan, persamaan pengatur model, desain model lingkungan. Pengantar pemodelan, persamaan hidrodinamika, persamaan transport, desain model lingkungan, Model hidrodinamika sederhana, Model instrusi garam, Model sebaran BOD-DO, Model sebaran kontaminan logam berat. Mahasiswa harus memahami pemodelan, simulasi dengan powersim, model dan simulasi kependudukan, model dan simulasi SDA dan energi, model dan simulasi pertumbuhan industri, model dan simulasi polusi.

ILP 92208 – Ekotoksikologi

Membahas sumberdaya air dan teknologi pengelolaan limbah. Paham bahan/limbah beracun berbahaya dan nasibnya di udara, tanah dan air, paham dampak pencemaran udara, tanah dan air pada kesehatan; mendeminasikan metodologi evaluasi, intervensi dan pencegahannya: a. dampak pencemaran pada kesehatan manusia, hewan dan lingkungan serta aspeknya, metodologi evaluasi, intervensi dan lingkungan, b. Kontaminan kimia/limbah beracun berbahaya dan nasibnya di lingkungan serta aspek intervensinya, dan c. Baku mutu dan indikator kesehatan lingkungan.

ILP 92209 – Ekologi Perilaku

Dapat memahami perilaku dan indikator lingkungan alam, sosial, binaan, perilaku hewan (ethology) dan manusia (human ecology), individual, kolektif, migrasi, teritorialitas dan dominansi, nilai perilaku bagi lingkungan, taxonomi, pengertian gender/sex, kategorisasi dan implikasi.